postheadericon 8 Tips Mengajar Membaca Pada Anak dengan Cerebral Palsy

Anak dengan cerebral palsy, akan mengalami hambatan dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari keterampilan motorik sampai membaca.

Apabila Anda ingin mengajarkan cara membaca pada anak dengan cerebral palsy, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Lakukan latihan pernapasan sebelum mulai belajar, posisikan anak duduk tegak sehingga udara bisa masuk ke paru-parunya.

Tempatkan tangan Anda di perut atau di atas tulang rusuk anak. Pandu anak menghirup dan membuang udara dengan mengontraksikan otot-otot setiap kali bernapas.

Hal ini akan membantu anak lebih rileks dan tidak merasa gugup.

2. Saat melakukan teknik-teknik pernapasan ini, anjurkan anak untuk menutup matanya dan membayangkan sesuatu yang indah.

Hal ini juga akan membantu anak lebih rileks dan menjaga pikirannya terfokus.

3. Letakkan beberapa benda di depan anak dan ulangi nama-nama benda tersebut secara perlahan sehingga otak anak akan menerima dan mengingat nama-nama benda tersebut pada saat melihatnya di waktu yang lain.

Ulangi ini setidaknya empat kali secara perlahan.

4. Seiring dengan memperlihatkan objek tersebut, gunakan kata yang ditulis sehingga anak juga dapat mengidentifikasi tulisan dengan objeknya.

Untuk menambahkan stimulasi lebih ke otak anak, ucapkan kata-kata tersebut secara perlahan.

5. Gunakan kata-kata dan benda-benda yang dapat digunakan dalam kalimat jika memungkinkan.

Latihan pengulangan kata dan benda tersebut tidak dapat berlangsung dalam waktu semalam.  Anak umumnya akan mengingat beberapa dari kata dan benda dalam waktu setidaknya dua minggu.

6. Belilah buku yang Anda rasa mudah bagi anak. Jika tidak yakin apa yang cocok bagi anak, mintalah bantuan kepada petugas toko buku.

7. Ulangi langkah-langkah satu sampai lima. Dengan mengulangi langkah-langkah ini, Anda dapat menggabungkan kata-kata secara bersamaan untuk membentuk kalimat.

Bacakan buku perlahan-lahan kepada anak setiap hari selama minimal dua minggu. Lakukan satu buku pada suatu waktu.

8. Ulangi langkah ketujuh, tapi kali ini minta anak untuk mengulang kata-kata setelah Anda. Hal ini akan merangsang otak anak dan mendorong mereka untuk ingin membaca. {Sumber}

Leave a Reply