postheadericon Tips agar anak mau mengerjakan PR dirumah

  1. Membuat PR anak menjadi lebih menarik.

Tugas guru disini adalah membuatkan lembar belajar semenarik mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan bentuk-bentuk dan warna yang menarik pada buku-buku PR anak. Selain warna dan bentuk mengubah bentuk buku dari potrait menjadi lanscape juga dapat membawa semangat baru pada anak-anak. Hal lain yang dapat dilakukan oleh guru yaitu, mengemas bentuk PR yang biasanya ditulis di buku PR diubah dalam bentuk surat didalam amplop, dan guru menyampaikan bahwa surat itu harus dibalas dengan menggunakan kata-kata manis “dibales ya surat dari bu cici, nanti bu cici baca”

  1. Memberikan motivasi pada anak untuk membuat PR

Setiap guru harus menjadi motivator murid-muridnya. Dalam memberikan tugas sebaiknya guru juga menjelaskan terlebih dahulu apa tugas yang diberikan. Jangan lupa untuk memberikan kata-kata motivasi seperti “ nanti PR-nya dibuat sama mama/papa ya, kasi liat kalau adik udah pintar”

  1. Memberikan Reward apabila anak tersebut sudah membuat PR

Jika murid-murid sudah membuat pekerjaan rumah, jangan lupa untuk memberikan catatan kecil sebagai ungkapan terimakasi bahwa anak tersebut sudah membuat PR. Seperti misalnya “ terima kasih kakak sudah membuat PR sangat rapi, hebaat !” (Bu Cici)

Leave a Reply