Ini Kata Mendikbud tentang Calistung di Tes Masuk SD

postheadericon Ini Kata Mendikbud tentang Calistung di Tes Masuk SD

Beberapa sekolah dasar swasta mengadakan tes membaca, menulis dan menghitung (calistung) untuk seleksi masuk. Tes calistung ini dinilai memberikan beban yang berlebihan pada anak usia dini yang belum pada saatnya.

“Tes calistung? Itu kan sama dengan belajar nyetir, tapi syaratnya harus bisa menyetir. Berarti dalam kasus ini, saya harus mengajarkan anak-anak TK calistung. Hal tersebut sama artinya dengan kita memberikan beban belum pada saatnya. TK itu bukan sekolahan, tapi taman bermain,” tegas Mendikbud M Nuh saat ditanya tentang tes calistung untuk masuk SD.

Hal itu disampaikan Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers tentang buku kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2014 di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

“Di sana (TK) tidak harus diberikan pelajaran mengenai berhitung, membaca. Jadi calistung tidak dibenarkan dipakai sebagai alat untuk masuk SD karena di SD-lah baru diajarkan calistung,” tutur dia.

Apakah ada sanksi bagi SD yang mengenakan tes calistung sebagai saringan masuknya? “Jadi, tentu nanti setiap aturan main tentu ada sanksi,” tegas Nuh. (Sumber)

Leave a Reply

Categories
Bookmarks